Foto Belanda Jaman Dulu

Posted by tanpa nama On Minggu, 10 Oktober 2010 0 komentar
Beberapa saat yang lalu aku pergi berkunjung ke rumah Kang Annas, ada yang menarik perhatianku dirumahnya bakudara itu Kang Annas memajang foto-foto jaman dulu kota subang waktu masih ada dalam jaman penjajahan belanda. Dari sana aku mulai penasaran karena aku juga ingin melihat kota subangku yang dulu, tapi apa daya aku tak pernah tau apa di kota subang itu ada museum atau aku harus pergi ke kota lain hanya untuk melihat foto jaman dulu yang ada di museum. Tapi aku pikir cara itu tidak efisien dan tidak menghemat biaya, aku putuskan untuk bertanya lagi ke guruku mbah Google, tapi sayangnya si mbah pun tidak mengerti apa yang aku inginkan.
Akhirnya aku mengambil inisiatif untuk merubah peranku dari blogger menjadi detektif, tanpa bertanya ke Kang Annas diam-diam aku menyelidiki dan menganalisa asal muasal dari foto jaman dulu yang ada dirumah bakudara itu, dan ternyata jejaknya mengarah ke rumahnya Kang Budiana Yusuf di Tatar Pasundan, tapi temuan ini juga tidak menjelaskan asal muasal dari foto tersebut lalu kembali saya lanjutkan penyelidikan. Saya ambil beberapa sampel foto yang ada dirumah Kang Budiana dan akhirnya ketemu titik terang, nama dari foto yang panjang-panjang itu berawalan sama, contoh:
  • COLLECTIE_TROPENMUSEUM_Een_modelkampongs_op_een_van_de_landerijen_in_de_Pamanoekan …
  • COLLECTIE_TROPENMUSEUM_De_chef_van_de_werkplaats_van_een_onderneming_met_familie_voor …
Lalu aku tanyakan nama yang bertinta merah itu kepada mbah Google, dan akhirnya Yippi!! Akhirnya misteri ini terpecahkan. Pada mulanya aku mengira foto ini berasal dari daerah subang, eh ternyata foto ini milik Tropen Museum yang ada di belanda sana wooow jauuuhnya.
Nah foto berikut ini adalah foto dari beberapa kota di indonesia yang ada di Tropen Museum, checkidot
kaso malang subang
pasar di djogjakarta
jembatan runtuh di padang
pasar besar surabaya 1898
sebuah tempat di semarang
tari topeng di batavia
Masih banyak yang lainnya juga, cuma aku malas memajangnya. Nah untuk mempermudah mencari di Tropen Musim, aku berganti peran(lagi) kali ini aku berperan jadi hacker supaya aku bisa membawa search engine Tropen Museum ke rumahku ini. Sebagai hasilnya, kalian tinggal isikan apa yang ingin kalian cari di kolomnya dan hasilnya akan membawa kalian ke Tropen Museum di Tab baru.

0 komentar:

Posting Komentar