Peringatan NASA tentang Badai Matahari 2013

Posted by tanpa nama On Senin, 25 Oktober 2010 0 komentar
National Academy of Sciences AS memperingatkan, pada tahun 2013 Bumi akan terkena dampak dari badai matahari sehingga jaringan listrik sangat serius rentan terhadap ledakan yang berasal dari matahari.

Sedangkan dalam peringatan terbarunya, NASA menyebut badai super akan memukul seperti “kilat” dan bisa menimbulkan konsekuensi bencana bagi dunia, layanan darurat dan keamanan nasional kecuali tindakan pencegahan diambil.

Para ilmuwan percaya badai itu dapat merusak segala sesuatu dari sistem layanan darurat, peralatan rumah sakit, perbankan dan perangkat sistem pengendalian lalu lintas udara, hingga barang sehari-hari seperti komputer di rumah, iPod dan penerima siaran satelit.

Menurut Dr Richard Fisher, direktur divisi Heliophysics NASA, kepada Koran Telegraph mengatakan:
“Kami tahu ini akan datang, tapi kami tidak tahu seberapa buruk,”.

Dia juga melanjutkan bahwa badai itu akan mengganggu perangkat komunikasi seperti satelit dan navigasi mobil, perjalanan udara, sistem perbankan, komputer dan segala sesuatu yang elektronik. Ini akan menimbulkan masalah besar bagi dunia.

“Sebagian besar wilayah akan tanpa listrik dan untuk memperbaiki kerusakan akan berat dan membutuhkan waktu.”

Dalam sebuah konferensi cuaca ruang angkasa di Washington DC pekan lalu yang dihadiri oleh para ilmuwan NASA, pembuat kebijakan, peneliti dan pejabat pemerintah juga mengeluarkan peringatan serupa.

Dr Fisher seorang ilmuwan NASA yang telah bekerja selama 20 tahun, mengatakan badai dari matahari yang mencapai suhu lebih dari 5500C itu tidak semua orang akan menghadapi. Siklus energi magnetik matahari mencapai puncak setiap 22 tahun, sedangkan jumlah bintik matahari mencapai tingkat maksimum setiap 11 tahun dan parahnya gabungan dua kejadian itu pada 2013 akan menghasilkan tingkat radiasi besar.

Dia mengatakan sebagian besar wilayah dunia bisa menghadapi hidup tanpa listrik selama beberapa bulan. Jadi bersiap-siaplah dari sekarang, mudah-mudahan saja hanya gosip belaka.

0 komentar:

Posting Komentar